Friday, July 23, 2010

Roosa Menuding RPKAD

Judul Buku: Dalih Pembunuhan Massal: Gerakan 30 September dan Kudeta Suharto
Penulis: John Roosa
Judul Asli: Pretext for Mass Murder: The September 30th and Suharto’s Coup d’Etat in Indonesia
Penerjemah: Hersri Setiawan
Penerbit edisi Indonesia: Hasta Mitra, 2008
Penerbit edisi Inggris: The University of Wisconsin Press, Madison USA
Tebal: 390 halaman

Buku Dalih Pembunuhan Massal adalah riset sejarah Roosa tentang rentetan peristiwa setelah meletus prahara G-30-S. Riset sejarah yang tak hanya menggunakan sumber lisan, tapi juga dokumen. Rasanya tepat bila Roosa menyebut risetnya ini sebagai sebuah “analisis insiden”.

Dituturkan dengan bahasa akademik yang teratur, buku ini banyak menyuguhkan informasi baru yang tak ditemukan dalam buku-buku sejarah sebelumnya. Roosa tak banyak menyinggung peristiwa pembunuhan tujuh perwira Angkatan Darat. Dia lebih banyak menganalisis soal pembunuhan massal yang dilakukan terhadap anggota Partai Komunis Indonesia pada waktu itu. Saat itu, tak kurang dari setengah juta orang dibantai tanpa pengadilan. Tersebar di Pulau Jawa dan Bali.

Dalam analisisnya, Roosa memaparkan, kekacauan dan pembunuhan terhadap warga yang dituding sebagai PKI terjadi setelah kedatangan tentara Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD). Bukan balas dendam rakyat seperti yang diajarkan buku-buku sejarah versi pemerintah selama ini.

Orang-orang sipil yang melakukan pembantaian adalah orang-orang terlatih yang dilengkapi persenjataan dan dijamin kekebalan hukumnya oleh RPKAD. Ya, sebuah riset sejarah yang mencengangkan. Tentu saja akan melengkapi buku-buku sejarah tentang peristiwa gempa 1965 yang sudah ada.

No comments:

Post a Comment